Senin, 26 November 2012

Fokuskan pada Jurusan



Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki sistem pendidikan sangat berbeda dengan negara maju. Jika di negara maju hanya ada 3-4 pelajaran , di Indonesia ada yang sampai 13 bahkan sampai 19 mata pelajaran. Dengan pelajaran yang sangat banyak, justru membuat siswa jadi pusing. Siswa jadi tidak fokus dan meremehkan pelajaran yang dianggap tidak penting. Selain pelajaran yang sangat banyak, juga jam pelajaran yang sangat padat. Dari pagi sampai sore. Dengan jam pelajaran di sekolah yang padat, siswa justru menjadi kelelahan dan malas untuk belajar di rumah. Walaupun begitu saat di sekolah, mereka juga banyak yang tidur dan tidak memperhatikan guru yang sedang menerangkan
Seharusnya, jumlah pelajaran dan jam pelajaran disekolah dikurangi. Agar lebih efektif dan siswa lebih fokus ke bidang yang diminatinya. Juga yang lebih mengarah ke masa depan. Tapi yang terjadi sekarang lain. Contohnya saja di SMA. Di kelas XI mereka telah memilih jurusan dengan minatnya. Mereka berharap pelajarannya sedikit dan sesuai dengan jurusannya.
Tapi ternyata masih ada pelajaran yang tidak berkaitan dengan jurusan. Hal itu sangat membuang-buang waktu. Bagaimana tidak, siswa tidak tertarik dengan pelajaran itu dan meremehkan. Mereka hanya mengganggap pelajaran itu sebagai angin lewat, hanya mengikuti dan tidak berminat untuk belajar. Kalau ada tugas dan ulangan saja mereka mau membuka. Itu juga sangat terpaksa. Kebanyakan dari mereka lebih memilih belajar pelajaran yang disenangi dan sesuai dengan jurusannya.
Apabila Indonesia menerapkan sistem pendidikan yang sesuai dengan di Negara Maju dan tidak hanya teori saja yang dipentingkan, pelajaran dikurangi dan difokuskan sesuai juruan. Maka, siswa jadi lebih semangat lagi.Maaf kalau masih banyak kesalahan ya atau menyinggung, ini juga baru pertama buat artikel.    

oleh: Mita Yurike R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar